Beberapa Pilihan Bisnis Online Yang Dapat Anda Pertimbangkan Untuk Dijalankan Dari Rumah

bisnis online

Sejak tahun 2010, dunia internet semakin berkembang dan telah banyak mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Berawal dari informasi-informasi pasif yang didapatkan, lambat laun internet telah berubah menjadi sumber penghasilan bagi beberapa orang. Bahkan terkadang penghasilan dari bisnis internet yang dijalankan telah melebihi dari penghasilan bisnis offline mereka sebelumnya. Hal ini tentu saja membuat mereka menjadi jutawan bahkan milyarder.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dari bisnis internet, sangat bergantung pada tingkat keuletan, waktu, dan modal yang anda berikan. Usaha dan hasil di bisnis internet adalah berbanding lurus, namun juga banyak yang mendapatkan hasil dua kali lipat. Semuanya kembali kepada anda sebagai si penggerak bisnis. Apakah anda ingin bisnis internet yang paruh waktu atau sebagai bisnis utama. Banyak pelaku bisnis internet yang memiliki pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga, karyawan swasta, pegawai negeri, dan lain sebagainya. Namun apapun pekerjaan anda dan dimanapun anda berada, bisnis internet merupakan bisnis yang patut anda jalankan.

Salah satu keuntungan dari bisnis internet adalah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja anda memiliki waktu senggang. Biasanya para ibu rumah tangga banyak menggeluti bisnis internet karena mereka dapat melakukannya di rumah sembari memasak, memberi makan anak, membersihkan rumah, dan pekerjaan rumahan lainnya. Namun bisnis internet juga tidak semata-mata hanya bisnis untuk meraup keuntungan belaka, banyak pula yang menjadikan internet sebagai media untuk melakukan kegiatan sosial dan menggalang dana bantuan.

Sebelum anda memulai bisnis internet atau biasa dikenal dengan bisnis online, ada baiknya anda mencari informasi mengenai kebutuhan pasar apa yang sedang booming dan jenis bisnis online seperti apa yang cocok dengan anda. Berikut kami rangkumkan beberapa jenis pilihan bisnis online yang bisa anda coba di rumah.

1. Bisnis Online dengan Membuka Toko Online / Online Store

Toko online bisa berupa situs website; forum jual beli seperti kaskus; market place seperti tokopedia, bukalapak; ataupun media sosial seperti facebook, instagram. Dalam toko online anda bisa menjual barang ataupun jasa sama halnya dengan toko offline yang ada di sekitar kita. Perbedaannya adalah anda tidak memerlukan lahan atau bangunan untuk berjualan, namun cukup dengan bermodal komputer atau handphone. Bagi pihak pembeli pun tidak perlu repot mengunjungi toko barang atau jasa yang ingin dibeli, namun cukup dengan melihat layar komputer atau handphone dan melakukan transaksi secara online juga.

Untuk dapat menjalankan bisnis toko online ini diperlukan kreatifitas untuk menemukan pangsa pasar yang bagus untuk dijadikan ide berjualan di toko online anda. Contohnya anda bisa berjualan baju secara online, berjualan alat gadget seperti handphone dan aksesorisnya, atau mendirikan toko online yang menjual jam tangan original. Semua itu balik lagi ke minĂ¢t pribadi masing-masing.

Selain itu dengan kenyataan bahwa internet bisa diacres dari mana seja maka pangsa pasar toko online ini berpotensi sancta luas, bahia jika dibandingkan dengan toko traditional yang masih bersifat offline. Anda dapat memasarkan produk atau jasa anda hingga manca negara. Sehingga tidak heran jika penghasilan dari toko online bisa mencapai berkali-kali lipat dari bisnis offline. Seiring berkembangnya toko online anda, anda akan mulai merekrut karyawan dan mulai mendirikan badan usaha seperti Amazon, BliBli, eBay, dan lainnya. Setelah itu bersiaplah menjadi jutawan bahkan miliarder.

2. Bisnis Lelang Online

Sistem lelang bukan hanya dapat dilakukan secara offline. Saat ini sudah banyak situs website yang menawarkan layanan lelang barang atau jasa. Anda hanya perlu menaruh produk anda di situs tersebut dan menunggu penawar tertinggi. Semakin tinggi penawaran semakin tinggi penghasilan anda. Namun tidak semua produk dapat dijual dengan sistem lelang. Biasanya produk yang dilelang merupakan produk dengan demand besar namun supply langka.

3. Affiliate Marketing

Cara mudah berbisnis online lainnya jika tidak memiliki barang atau jasa yang bisa dijual adalah dengan membantu menjualkan barang atau jasa milik orang lain. Anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut pada situs atau media sosial milik anda, dan memastikan terjadinya penjualan melalui situs / media sosial anda. Biasanya komisi yang diberikan sebesar 10-30% dari hasil penjualan yang terjadi melalui situs anda. Namun tidak semua produk yang ada di internet dapat dijual melalui situs anda. Hanya yang memiliki layanan affiliate marketing yang dapat memberikan komisi kepada anda.

4. Penerjemah Online

Jasa penerjemah online merupakan salah satu demand yang paling banyak diminati saat ini. Biasanya yang diterjemahkan bisa berupa artikel, makalah seminar, skripsi, dan lain-lain. Anda bisa memasang penawaran jasa penerjemah pada situs pribadi anda atau situs komersial lainnya seperti Upwork atau Freelancer. Jika melalui situs komersial, terdapat potongan sekitar 5% – 10% yang akan dipotong dari hasil penjualan jasa translator.

5. Membuat Website

Tahun 2010 ketika internet mulai marak, bisnis membuat website merupakan sesuatu yang sangat langka dan sulit untuk dilakukan. Namun saat ini banyak orang yang menginginkan memiliki website dan mencari vendor yang dapat membuat website. Oleh karena itu menjadi pembuat website merupakan suatu profesi yang cukup menjajikan dan tentu saja dapat dilakukan di mana saja.

Dari 5 jenis bisnis online di atas, semoga dapat membantu anda memberikan gambaran mengenai bisnis online apa yang cocok anda geluti. Selamat bereksperimen.