Resep Cara Membuat Sale Pisang Coklat dan Manfaat Dibaliknya

cara membuat sale pisang coklat

Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi dalam bentuk segar. Permasalahan konsumsi pisang dalam bentuk segar adalah mudah rusak dan cepat mengalami perubahan mutu setelah panen, karena memiliki kandungan air tinggi dan aktifitas proses metabolismenya meningkat setelah dipanen. Di Indonesia, pisang dibuat dengan macam-macam olahan. Dari digoreng, dijadikan juice sampe sale. Lalu, seperti apa apakah sale pisang itu? Pisangnya ada sale? Tentu saja bukan! Lalu, bagaimana cara membuat sale pisang?

Pernah kah Anda melihat ibu atau istri atau siapapun yang di rumah Anda memotong-motong pisang menjadi beberapa banyak kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dijemur beberapa hari pisang-pisang itu digoreng. Jika pernah, yang Anda lihat itu yang namanya sale pisang. Kebanyakan orang tidak mau repot-repot menjemur pisang yang mereka potong jadi mereka langsung menggorengnya dengan tepung atau memakannya langsung. Tapi tahukah Anda, bahwa sale pisang mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Sale pisang bisa digunakan berbagai jenis pisang, tetapi saya merekomendasikan pisang ambon atau pisang raja nangka karena termasuk jenis pisang yang bagus untuk sale pisang. Biasanya setelah digoreng, sale pisang diberi gula pasir, mentega, susu bubuk, dan bahan lainnya. Tetapi karena mulai banyak inovasi di dunia makanan, maka sale pisang bisa ditambah dengan cokelat dan keju. Ini yang biasanya mulai populer.

resep cara membuat sale pisang coklat

Disini saya akan membangi salah satu resep favorit dari olahan sale pisang, cara membuat sale pisang coklat.

Pertama, potong pisang (disini saya menggunkan pisang ambon) menjadi dua bagian, kemudia jemur  di bawah sinar matahari sekitar 3-5 hari. Lalu buat olahan adonan coklat meleleh. Begitu pisang sudah selesai, campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, margarin, dan sedikit garam hingga rata. Lalu masukkan pisang yang sudah dijemur ke adonan tepung hingga rata.

Masukkan pisang yang sudah dibaluti adonan tepung ke dalam minyak panas. Masak hingga warnanya coklat keemasan. Tiriskan lalu sajikan di piring. Belum sampai disitu, adonan coklat yang sudah dilelehkan tadi dicelup atau dioles ke sale pisang yang sudah di goreng tadi. Sale pisang coklat siap dihidangkan!

Nah, tadi saya sudah membagi salah satu resep sale pisang coklat. Sekarang saya ingin memberitahu Anda yang menyukai jajanan pisang tentang manfaat di balik sale pisang. Meskipun penampilan dan tekstur sale pisang kurang bagus dilihat karena kering dijemur selama beberapa hari, bukan berarti rasa dari sale pisang tersebut tidak enak. Rasanya bahkan manis, kaya vitamin dan bisa menjadi teman cemilan yang sehat buat Anda.

Rasa sale pisang sangat enak, renyah dan gurih ditambah dengan rasa manisnya sudah cocok dengan lidah orang Indonesia. Pangan khas Jawa Barat yang beraroma unik ini punya nilai gizi yang lebih tinggi dari pisang biasa. Sale pisang banyak kita temui dalam bentuk pipih panjang dan lebar, baik dalam bentuk basah maupun digoreng kering dengan tepung. Saat ini kreasi sale pisang semakin banyak, ada sale pisang jari, edun, lidah dan lain sebagainya dengan banyak pilihan rasa termasuk rasa coklat yang rasa sebutkan di atas.

Fakta dari buah pisang yaitu mereka dapat dicerna dengan mudah. Kandungan gula yang terdapat di buah pisang diubah menjadi sumber tenaga. Sangat baik untuk kerja otot dan menghilangkan lelah. Pisang juga bagus untuk diet. Pisang berperan sebagai penurun berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Makanya sehabis berolahraga banyak orang memakan pisang untuk menambah energi mereka kembali.

Jika Anda menderita kurang darah atau anemia maka sangat disarankan untuk memakan 2 buah pisang segar, karena bermanfaat untuk pengobatan karena pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Oleh karena itu bagi penderita anemia pisang sangat baik untuk dikonsumsi. Buah pisang bisa menjadi makanan tambahan atau pokok bagi penderita diabetes melitus.

Buah pisang dapat diolah dalam keadaan mentah maupun matang. Pisang mentah bisasanya diolah menjadi gaplek, tepung dan keripik. Sedangkan pisang matang dapat diolah menjadi anggur, konsentrat, sari buah, pisang goreng, pisang rebus, saus, kolak, selai, getuk, pure, dodol dan sale pisang.

Pengawetan pisang menjadi sale merupakan solusi untuk mengatasi melimpahnya produksi pisang dan pemasaran buah pisang segar. Sale pisang sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional khas Jawa Barat. Selain untuk memperpanjang umur simpan, harga jual sale lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah pisang segarnya.