Cara Terbaik Menolong Orang Tenggelam di Kolam Renang 2019

Cara Terbaik Menolong Orang Tenggelam di Kolam Renang 2019

tidak akan ada yang menyangka kapan musibah akan datang, apalagi jika berbicara tentang berenang, banyak jenis tempat yang dapat menyalurkan hobby banyak orang ini, seperti di pantai, sungai, atau pada umumnya kolam renang.

Banyak hal yang dapat terjadi jika kita berenang, seperti Keram, otot yang tertarik, pingsan, dan lainnya. Terus, bagaimana kita menghadapinya? dengan mengetahui Cara Terbaik Menolong Orang Tenggelam di Kolam Renang 2019 kita dapat menolong mereka, karena medan yang berbeda akan memerlukan penanganan yang berbeda pula, seperti direset banjir, karena olahraga arung jeram, atau bahkan ketika berenang.

Hal yang harus kalian ingat, Selamatkan dulu diri sendiri sebelum menolong orang lain, kalian bukan superhero yang segala bisa, memang pembaca membaca artikel ini bertujuan untuk menolong orang lain, tetapi bagaimana kita menolong jika kita tidak bisa menolong diri sendiri.

Cara menolong orang ketika tenggelam disungai akan berbeda dengan cara menolong korban di kolam renang (khususnya kita bicara ini). Karena kita itu kita akan membahas bagaimana cara terbaik menolong orang tenggelam di kolam renang 2019.

Langkah-Langkah Penanganan Korban Tenggelam

Bagaimanapun keadaanya yang pertama kita harus mengetahui kemampuan dan keahlian kita sendiri sebelum membantu, melakukan evaluasi seperti ini penting, karena akan memaksimalkan usaha kita. Adapun hal P3K korban tenggelam yang harus kita lakukan seperti:

  1. segera telpon ambulan, apapun yang terjadi, segera telpon pihak medis, karena walaupun korban selamat, korban perlu penanganan professional.
  2.  Segera menghampiri korban, lihat keadaan sekitar.
  3. cari sesuatu untuk menarik korban keluar dari area air, seperti tali atau kayu. Arahkan wajah korban menghadap keatas permukaan air.
  4. ketika penolong korban sampai di darat, segera lakukan penilaian fisik dan pemerikan fisik. lakukan cek nadi dan nafas, jika korban tidak bernapas tetapi masih memiliki nadi, buka jalan nafas dengan menggerakan rahang korban dan buka mulut korban tampa memasukan air.l
  5. akukan langkah-langkah CPR untuk membantu menolong pernapasan pada korban pingsan, Bila korban tidak bernapas dan nadi tidak berdenyut, mulailah prosedur CPR, dengan meletakan telapak tangan pada dada kira kira 60 kali semenit. Sambil berikan pijatan jantung.
  6. Ketika tindakan diatas tidak berhasil (tidak merespon) tidak ada napas, tak ada nadi, maka lakukan resusitasi jantung paru.
  7. Pastikan korban tetap dalam keadaan hangat.

Tindakan diatas akan dapat menolong korban jika dilakukan dengan benar dan terlaksana dengan baik. Jika masih belum membuat korban sadar lakukan prosedur 4 dan 5 berulang sambil menunggu petugas medic datang.

cek juga video refferensi dibawah ini, mengenai cara menolong pernapasan orang yang pingsan

Semoga informasi ini berguna untuk kalian semua. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*